Contoh Surat Hutang Piutang tanpa/dengan Jaminan

A. Teknik Penulisan.

ContohPedi.com| Surat Hutang Piutang baik tanpa maupun dengan jaminan yang dalam dunia hukum perdata lebih dikenal dengan sebutan surat pengakuan hutang berbeda dengan surat perjanjian jual beli tanah dimana kedua belah pihak mempunyai peran yang sama dalam surat tersebut. Oleh karena itu jika Anda mengajukan hutang di bank misalnya, Anda akan diminta untuk menandatangani surat pengakuan hutang dan bukan surat dengan judul surat hutang piutang.

Berdasarkan ketentuan pasal 1878 KUH Perdata, surat pengakuan sepihak dalam hal ini hutang setidaknya harus memenuhi syarat:

  • Seluruh isi akta harus ditulis dengan tulisan tangan si pembuat dan si penanda tangan;
  • atau jika diketik setidaknya pengakuan tentang jumlah atau objek barang yang disebut di dalamnya ditulis tangan sendiri oleh pembuat dan penanda tangan. (Ini yang sering dipraktikkan di dunia perbankan).

B. Contoh Surat Hutang Piutang Dengan Jaminan.

Note: Jika Anda ingin membuat surat hutang pihutang tanpa menggunakan jaminan, maka Anda cukup menghapus pasal 4 dan 5 ayat (3).

>> KLIK DI SINI UNTUK DOWNLOAD << (DOCX, 19KB)

Demikianlah contoh surat hutang piutang baik dengan atau tanpa jaminan. Semoga membantu. Kami akan sangat senang jika Anda mau memberikan LIKE, TWIT atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

  • contoh surat perjanjian hutang piutang
  • contoh surat perjanjian hutang tanpa jaminan
  • surat pengakuan hutang
Tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.