Pengertian dan Contoh Surat Kuasa Khusus yang Baik dan Benar

ContohPedi.com| Surat kuasa khusus yang tidak ditulis dengan baik dan benar tentu akan berakibat pada tidak sahnya surat kuasa tersebut karena cacat formil. Jadi menulis surat kuasa khusus pun perlu teknik dan harus memenuhi syarat-syarat mutlak agar surat kuasa tersebut legal dan sah secara hukum sebagaimana tersebut dalam pasal 123 ayat (1) HIR.

A. Pengertian dan Teknik Penulisan Surat Kuasa Khusus.

Surat kuasa khusus adalah pemberian kuasa yang dilakukan hanya untuk satu tertentu atau lebih (pasal 1975 KUHPerdata). Kekhususan surat kuasa ini adalah terletak pada jenis tindakan khusus pada tempat khusus dan hanya terbatas pada hal-hal yang dimuat dalam surat kuasa khusus tersebut. Seperti misalnya surat kuasa yang diberikan kepada pengacara/advocat yang mewakili clientnya (principal/pemberi kuasa) dalam beracara di muka persidangan pada suatu pengadilan tertentu dan pada tindakan-tindakan hukum tertentu. Adapun teknik penulisannya adalah sebagai berikut:

  1. Memuat judul surat dengan tegas yaitu: SURAT KUASA.
  2. Identitas pemberi kuasa (principal) kemudian disusul dengan identitas yang diberi kuasa dengan diberi kalimat penghubung: “Dengan ini menerangkan memberikan kuasa kepada”
  3. Memuat kata: “KHUSUS” dan dilanjutkan dengan tujuan utama surat kuasa, tindakan-tindakan detail lainnya dan tempat pelaksanaannya.
  4. Agar surat kuasa tersebut dapat dilimpahkan kepada orang lain (tentunya jika diijikan oleh pemberi kuasa), maka pada bagian akhir kalimat harus memuat: ” surat kuasa ini diberikan dengan hak substitusi.
  5. Diakhiri dengan pencantuman tanggal dan tempat serta tanda tangan pemberi kuasa. Artinya, tanpa perlu ditanda tangani oleh penerima kuasa, surat kuasa tersebut telah sah secara hukum.

B. Contoh Surat Kuasa Khusus.

>> KLIK DI SINI UNTUK DOWNLOAD << (DOCX, 13KB)

Demikianlah artikel tentang Pengertian dan Contoh Surat Kuasa Khusus. Semoga dapat membantu. Jika menurut Anda artikel ini bermanfaat, mohon like, twit atau dengan berkomentar di bawah ini. Terima kasih.

Kirim ke:

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Abdul Roy Munir Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Terbaru Terlama
Kabari via email
Abdul Roy Munir
Abdul Roy Munir

sipppp