Contoh Surat Keterangan Ahli Waris yang Sah Secara Hukum

ContohPedi.com | Contoh Surat Keterangan Ahli Waris – Surat keterangan ahli waris merupakan dokumen penting yang harus dimiliki seorang untuk  mendapatkan hak-hak keperdataannya sebagai ahli waris seperti mengambil tabungan atau deposito milik almarhum pewaris yang disimpan di bank atau mengambil dana haji karena pewaris sudah meninggal dunia sebelum berangkat ke tanah suci. Selain itu, surat keterangan ahli waris juga dapat digunakan untuk mengantisipasi penguasaan barang atau hak milik pewaris oleh pihak lain secara melawan hukum.

A. Aturan Tentang Surat Keterangan Ahli Waris

Dalam Pasal 111 ayat (1) huruf c butir 4 Peraturan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional nomor 03 Tahun 1997 tentang Ketentuan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah nomor 24 Tahun 1997 tentang Pendaftaran Tanah disebutkan bahwa salah satu persyaratan pendaftaran balik nama waris adalah:

  • Surat Keterangan Waris, yaitu surat di bawah tangan yang dibuat oleh para ahli waris dengan disaksikan oleh 2 (dua) orang saksi dan dikuatkan oleh Kepala Desa/Kelurahan dan Camat tempat tinggal pewaris pada waktu meninggal dunia; (Bagi WNI aseli atau Pribumi), atau
  • Akta keterangan hak mewaris dari Notaris bagi warga negara Indonesia keturunan Tionghoa.

Surat keterangan ahli waris di bawah tangan di atas hanya berfungsi untuk menjelaskan kedudukan hukum seseorang sebagai ahli waris tanpa perlu disebutkan berapa bagian atau jumlah warisan yang diterima oleh para ahli waris. Namun begitu, meskipun telah diatur tentang pembuatan surat keterangan waris cukup dengan diketahui oleh lurah atau kepala desa dan camat dengan disaksikan oleh dua orang saksi, tidak jarang beberapa instansi seperti bank tetap meminta surat keterangan ahli waris dari pihak pengadilan. Jika tidak ada sengketa mengenai siapa saja yang menjadi ahli waris, maka bagi WNI pribumi yang beragama Islam bisa mengajukan permohonan penetapan ahli waris di Pengadilan Agama, sedang untuk non Muslim, diajukan di Pengadilan Negeri. Namun jika pihak instansi yang bersangkutan tidak mengharuskan ada penetapan dari pengadilan, maka surat keterangan ahli waris di bawah tangan seperti yang didefinisikan di atas sudah cukup. Lalu bagaimana contoh surat keterangan ahli waris dari kelurahan atau kecamatan? Berikut contohnya.

contoh surat keterangan ahli waris dari kelurahan kecamatan

B. Contoh Surat Keterangan Ahli Waris Dari Kelurahan dan Kecamatan

>> KLIK DI SINI UNTUK DOWNLOAD << (DOCX, 17KB)

Demikianlah contoh surat keterangan ahli waris dari kecamatan dan kelurahan. Semoga bermanfaat. Jika menurut Anda contoh ini bermanfaat, mohon share dengan memberikan like atau twit atau meninggalkan komentar di bawah ini agar dapat menjadi rujukan bagi teman jejaring sosial Anda yang kebetulan membutuhkannya. Terima kasih.

  • surat keterangan ahli waris
  • syarat membuat surat ahli waris dari kelurahan
  • contoh keterangan waris bpn
Kirim ke:
Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Jadilah yang pertama berkomentar!

Kabari via email
avatar
wpDiscuz